Prinsip dalam Animasi

Dalam artikel berikut ini, saya akan mengulas kembali tentang materi yang saya catat selama 4 minggu ini di ektrakurikuler IT CLUB SMAN 20 Surabaya ini. Pertama saya mendapatkan materi tentang animasi. Jika berbicara tentang animasi, tentu tak lepas dari prinsip di dalamnya. Untuk menjadi seorang animator tentu saja kita harus mengetahui dengan jelas apa saja prinsip animasi yang menjadi acuan dalam membuat animasi. Karena animator harus memiliki kemampuan me-capture moment ke dalam tuntutan gambar sehingga menjadi hidup. Nah, maka dari itu saat membuat gambar menjadi hidup tentu harus mengetahui prinsip animasi terlebih dahulu. Berikut ini adalah 12 Prinsip Animasi :

 

  1. Solid Drawing

Dasar utama tentang animasi adalah menggambar. Menggambar memiliki peranan dalam sebah animasi, khususnya animasi klasik di tinjau dari proses ataupun hasilnya.

 

  1. Timing & Spacing

Timing yaitu ketika animator menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan. Sedangkan Spacing yaitu menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam-macam gerak.

 

  1. Squash & Stretch

Prinsip ini mengupayakan efek lentur pada karakter seolah-olah memuai dan menyusut sehingga memberikan kesan/efek yang lebih hidup. Penerapan prinsip ini juga memberikan efek dinamis terhadap gerakan sebuah karakter atau benda hidup.

 

  1. Anticipation

Prinsip ini bisa dikatakan sebagai persiapan gerak atau ancang-ancang.

 

 

 

  1. Slow In & Slow Out

Prinsip ini menegaskan bahwa setiap gerakan memiliki kecepatan dan kelambatan yang berbeda. Slow In terjadi jika sebuah gerakan diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Sedangkan, Slow Out terjadi jika sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian lambat.

 

  1. Arcs

Sistem pergerakan karakter yang ada biasanya bergerak mengikuti pola atau dikenal dengan Arch.

 

  1. Secondary Action

Prinsip ini dibuat untuk memperkuat gerakan pertama agar terlihat lebih realistis. Kemunculannya berfungsi memberikan emphasize yang tidak dimaksudkan menjadi pusat perhatian.

 

  1. Follow Through & Overlapping Action

Follow Through bisa digunakan untuk membuat bagian tubuh tertentu tetap bergerak meskipun sebuah karakter berhenti bergerak. Sedangkan, Overlapping Action bisa dianggap sebagai gerakan saling-silang ( gerakan yang saling mendahului (overlapping) ).

 

  1. Straight Ahead & Pose to Pose

Straight Ahead membuat animasi dengan cara menggambar satu per satu dan dilakukan seorang diri oleh animator. Sedangkan, Pose to Pose adalah pembuatan animasi yang dikerjakan hanya dengan menggambar keyframe-keyframe tertentu saja.

 

  1. Staging

Prinsip ini meliputi bagaimana lingkungan dibuat untuk mendukung suasana atau “mood” yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene.

 

  1. Appeal

Setiap animasi atau studio animasi memiliki gaya visualnya masing-masing. Hal ini karena mereka mampu memiliki appeal atau gaya tersendiri dalam pembuatan karakter animasi.

 

  1. Exaggeration

Prinsip ini mengupayakan untuk mendramatisir animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang hiperbolis di mana pembuatannya dilakukan untuk keperluan komedik.

 

 

Kedua, saya mendapatkan materi tentang Jenis Animasi. Biasanya animator membuat satu per satu gambar yang membentuk satu rangkaian gerak. Namun, dengan perkembangan teknologi memudahkan para animator dalam membuat animasi, bahkan animasi dapat terlihat sangat nyata dengan bantuan komputer. Berikut ini adalah 5 Jenis Animasi :

 

  1. Animasi Tradisional

Animasi Tradisional seringkali disebut juga sebagai animasi di gambar tangan ( hand-drawn animation ) atau cel animation. Di abad 20, banyak animasi yang dimulai dari animasi tradisional ini. Jadi ribuan gambar dilukis dengan menggunakan kertas-kertas yang setiap kertasnya memiliki pergerakan objektif sedikit demi sedikit. Animasi Tradisional memerlukan kemampuan artistik dari pelukisnya dan memiliki banyak jenis gambarnya juga.

 

  1. Animasi 2D

Meskipun Animasi 2D sebenarnya juga bisa dilakukan dengan cara tradisional, namun Animasi 2D sudah termasuk dalam kategori komputer animasi berbasis vektor. Hasil jadi dari Animasi 2D ini biasanya disebut kartun, yang berarti gambar

 

oleh Aurelia Rafa.

Artikel Adobe Animate

 

PENGERTIAN ANIMASI

  • adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-“putar” sehingga muncul efek gambar bergerak.

 

Adobe memprogram ulang Software Flash dalam beberapa tahun terakhir agar bisa mendukung animasi web menggunakan HTML5 Canvas dan WebGL. Pada tahun 2016, Flash Professional berubah menjadi Adobe Animated CC.

 

SEJARAH DARI ANIMASI

  • 1996 namanya Future Splash Animator
  • 1996 berubah menjadi Macromedia Flash 1
  • 2005 menjadi Macromedia Flash 8
  • 2007 berubah jadi Adobe Flash CS3,Macromedia diakuisisi oleh Adobe
  • 2012 bertahan sampai Adobe Flash Professional CS6
  • 2013 berubah menjadi Adobe Flash Professional CC(13)
  • 2016 berubah lagi menjadi Adobe Animate CC
  • 2018 Adobe Animate CC 2019 sampai sekarang

 

JENIS JENIS ANIMASI

1.Animasi Tradisional

=> Seringkali disebut sebagai animasi di gambar tangan (hand-draw animation) atau cel animation.Di abad 20,banyak animasi yang dimulai dari animasi tradisional ini. Jadi ribuan gambar dilukis dengan menggunakan tangan di kertas-kertas yang setiap kertasnya memiliki pergerakan objek sedikit demi sedikit.

  • Animasi Tradisional ini memerlukan kemampuan artistik dari pelukisnya dan memiliki banyak jenis gambarnya juga. Meski begitu, banyak animasi computer yang juga dimulai dengan tahapan tradisional.

 

  • Animasi 2D

=> Meskipun animasi 2D sebenarnya juga bisa dilakukan dalam cara tradisional, namun animasi 2D sudah termaksud dalam kategori komputer animasi berbasis vektor. Hasil jadi dari animasi 2D ini biasanya disebut juga kartun,yang berarti gambar lucu. Animasi 2D banyak juga digunakan sebagai Graphical User Interfaces (GUIs) yang kalian gunakan dalam keseharia,seperti Mac ataupun Windows.

 

  • Animasi 3D

=> Animasi 3D memerlukan program seperti Maya untuk membuat animasi dengan kedalaman lebih dari 2D. Dalam Animasi 3D biasanya animator memulai gambarnya dengan menggambar pola tulang terlebih dahulu,barulah menggambar yang lainnya untuk ditambahkan ke pola tulang tersebut. Misalkan menambahkan otot,badan,kulit,dan bagian lainnya. Lebih sulit dari animasi 2D, animasi 3D memerlukan pemahaman lebih untuk menggerakan objek.

 

4.Motion Graphic/Capture

=>Merupakan metode untuk menjadikan animasi 3D menjadi hidup,bergerak. Namun lebih daripada itu,motion graphic seringkali digunakan juga untuk menggerakkan kata ( typographic ) dan logo untuk tujuan pengiklanan. Kemampuan yang dibutuhkan di motion graphic berbeda dengan animasi-animasi sebelumnya,namun ada beberapa ilmu yang sama di motion graphic,seperti komposisi pergerakan dan camera graphic

 

5.Stop Motion

=> Teknik ini pertama kali diperkenalkan pada 1906 oleh Stuart Blakton. Awalnya,Stop Motion dilakukan dengan menggunakan tanah liat ( clay ) yang ditutup dengan plastisin. Setelah karakter sudah siap,badan mereka digerakkan lalu difoto dengan detail gerakan yang berbeda disetiap fotonya. Animasi ini membutuhkan frame foto yang banyak dan memakan waktu yang cukup lama.

 

PRINSIP ANIMASI

  • Solid Drawing

( anatomi,komposisi berat,keseimbangan,pencahayaan)

 

  • Timing & Spacing

( waktu kapan,percepatan dan perlambatan,gerakan lebih realistis)

 

  • Squash & Strech

(efek lentur (plastis) dan efek dinamis terhadap gerakan)

 

  • Anticipation

( persiapan/awalan gerak atau ancang-ancang)

 

  • Slow in & Slow Out

( percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda)

 

  • Arcs

( mengikuti pola/jalur (maya))

 

  • Secondary Action

( memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik)

 

  • Staging

( suasana atau mood yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene)

 

  • Straight Ahead Action & Pose to Pose

(frame by frame        vs   menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja)

(kelebihan kualitas gambar yang konsisten kekurangan waktu pengerjaan yang lama vs waktu pengerjaan yang relatif lebih cepat karena melibatkan lebih banyak sumber daya)

 

  • Follow Through and Overlapping Action

( Overlapping action secara mudah bisa dianggap sebagai gerakan saling-silang)

 

  • Appeal

( look atau gaya visual dalam animasi)

 

  • Exaggeration

( upaya untuk mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gambar)

Adobe Animate? Apa saja?

ANIMASI

  • Pengertian Animasi 

“Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, animasi adalah menghidupkan. Yaitu  usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.

  • Cara Kerja Animasi :

-) Menumpuk beberapa gambar secara bergantian dan berurutan,

-) mengubah nilai koordinat suatu objek sehingga diperoleh sebuah efek gambar yang hidup

  • Pengkategorian Animasi / Jenis Animasi

-) Stop-motion animation

Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan. Teknik stop-motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari pengambilan  gambar berupa obyek yang digerakkan setahap demi setahap.

Contoh animasinya Wallace and Gromit dan Chicken Run, karya Nick Parks.

-) Animasi Tradisional

Adalah teknik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena teknik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan di gambar satu persatu di atas cel. Dengan berkembangnya teknologi komputer, pembuatan animasi tradisional ini dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dewasa ini teknik pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih dikenal dengan istilah animasi 2 Dimensi.

-) Animasi Komputer

Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya dikerjakan oleh komputer.

-) Animasi 2D(2 Dimensi)

Animasi 2D biasa juga deisbut dengan film kartun, kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Animasi berbasis 2 dimensi yakni objek yang dianimasi mempunyai ukuran panjang X dan Y. Contoh film : shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo, dll.

-) Animasi 3D(3 Dimensi)

Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. 3D perkembangan dari animasi 2D. Contoh 3D : Bugs Life, Dinosaurs, Final Fantasy, Frozen, dll.

-) Animasi Jepang(Anime)

Anime, itulah sebutan tersendiri untuk film animasi di jepang. Salah satu film yang terkenal adalah Final Fantasy Advent Children dan jepang sudah banyak memproduksi anime. Berbeda dengan amerika, anime jepang tidak semua diperuntukkan untuk anak-anak, tetapi untuk orang dewasa juga.

  • Pengertian Animasi 2 Dimensi

Kenapa disebut animasi 2 D, karena 2D mempunyai ukuran panjang X dan Y. Realisasi nyata dalam perkembangan dua dimensi yang cukup revolusioner yakni film – film kartun. Dan animasi 2D adalah animasi yang menggunakan sketsa gambar, lalu sketsa gambar ini digerakkan satu persatu, maka tidak akan terlihat seperti nyata. Disebut animasi 2 dimensi karena dibuat melalui sketsa yang digerakkan satu persatu sehingga nampak seperti nyata dan bergerak. Animasi 2D hanya bisa dilihat dari depan saja.

 

Dasar-Dasar Adobe Animate

  • Frame by Frame

Sesuai namanya, teknik ini dibuat dengan menggerakkan sebuah objek dari frame satu ke frame lain hingga membentuk sebuah animasi. Teknik ini bisa dibilang sama dengan teknik tradisional yang membuat animasi dengan layer per layer.

  • Motion Tween

Motion tween adalah menggabungkan objek dari dua titik berbeda dan dua frame berbeda. Keduanya disambungkan dengan mengklik kanan pada frame, kemudian klik classic tween atau motion tween

  • Shape Tween

Hampir sama dengan motion tween, hanya saja selain posisinya yang bisa bergerak, bentuk dari objek juga dapat bergerak atau berubah.

  • Masking

Mask (topeng). Sesuai nama tekniknya, seolah-olah objek menutupi objek lain yang ada dibelakangnya.

  • Guide Layer

Guide layer adalah teknik dengan memberikan sebuah jalur (path) pada sebuah objek, sehingga objek tersebut bergerak melalui jalur yang digambarkan.

 

oleh Reza Aylina Y.

motion guide

IT CORNER Kamis, 27 Februari 2020

Hai gaiss, balik lagi di IT Corner Dday—!

Penasaran ngga apa yang kita pelajari hari ini?

tentu saja masih berkaitan dengan animasi, bisa tebak apa tepatnya?

yeah,

ANIMASI MOTION GUIDE.

ada yang tau apa itu Animasi Motion Guide?

Merupakan animasi yang mempunyai gerakan sesuai jalur yang kita buat.

Apa sih maksudnya?

Maksudnya yaitu objek animasi yang bisa berupa objek bangun datar, entah itu lingkaran, persegi, segitiga atau berupa gambar yang bisa digerakkan sesuai jalur dengan berbagai opsi salah satunya adalah opsi motion guide.

Nah, kali ini kita membuat objek berupa mickey mouse. Penasaran bagaimana hasilnya?

Ini nih..

Bagus bukan?

Tertarik untuk mencoba? Cuss ke IT CORNER hari Kamis, minggu depan—!

See yaa—!

Always Good Attitude !

Pembuatan Aplikasi Android Dengan Instan

Halo teman-teman, kembali lagi pada postingan di website Cybertwenty yang tentunya akan menceritakan hal-hal yang dipelajari dari aktivitas Cybertwenty yaitu IT Corner. Pada awalnya, materi pada hari Rabu ini adalah mengenai OS lebih tepatnya Ubuntu dan penggunaan perangkat lunak bebas LAMPP yang diinstal minggu lalu. Akan tetapi, laptop untuk prakteknya digunakan untuk ujian kelas 12, sehingga materinya diganti. Materi pada hari ini diganti dengan pembuatan aplikasi untuk android.

Mungkin ada yang bertanya, “Loh, kita kan belum belajar coding untuk aplikasi!” atau “Memang bisa tanpa coding?! Bagaimana bisa?!” Tenang… Aplikasi android bisa dibuat dengan metode manual yaitu dengan mengcoding sendiri atau dengan metode instan yaitu dengan dicoding oleh AI dari software tertentu. Karena materi ini untuk sementara, maka kita akan membuat aplikasi menggunakan metode instan. “Bukannya untuk buat aplikasi harus bayar ya?” Ada beberapa software atau aplikasi yang menyediakan layanan pembuatan aplikasi secara gratis. Tetapi, fitur yang disediakan terbatas.

Aplikasi yang digunakan pada hari ini adalah “App Builder – Create own app (FREE App maker)” yang dibuat oleh Appy Pie LPP. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Bertemu Dengan AI

   

Setelah membuka aplikasi tersebut, halaman ini akan muncul. Halaman ini bertuliskan “Let Snappy the Assistant Create an App for you,” yang artinya “Biarlah Snappy sang asisten membuat aplikasi buat kamu,” Snappy ini adalah sebuah AI yang akan memproses pilihan-pilihanmu menjadi sebuah aplikasi.

Pilihlah Nama Aplikasimu

Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman chat dimana kamu bisa berinteraksi dengan AI-nya. Snappy akan menanyakan nama apa yang kamu inginkan untuk aplikasimu.

Kategori, Fitur, Desain, Gambar Icon, dan Latar

 

Selanjutnya kamu akan ditanyai mengenai kategori, fitur, desain, dan gambar latar dan ikon apa yang kamu ingin gunakan. Untuk kategori, kamu diberi pilihan seperti olahraga, travel, fitness, food, dsb. Untuk fitur, kamu pilih fitur apa yang kamu ingin ada di aplikasimu seperti blog, video, opsi google+, form, dsb. Untuk desain, kamu pilih aplikasimu terlihat seperti apa; desain matriks? Atau desain daftar biasa? Kamu yang tentukan. Selanjutnya kamu memilih gambar yang akan dijadikan gambar latar dan ikon untuk aplikasimu.

Setelah kamu pilih pilihan yang tersedia menurut apa yang kamu suka, App Builder akan memproses semua pilihanmu dan mengubahnya menjadi sebuah aplikasi. Setelah prosesnya selesai, kamu bisa mengetes aplikasimu dengan pergi ke halaman utama (homepage) dan memilih opsi “Test Your App” pada aplikasimu. Kemudian App Builder akan memberikan pilihan untuk mengirimmu link untuk menginstall aplikasi yang telah kamu buat.

Sebenarnya ada kemungkinan besar bahwa aplikasi yang telah dibuat dengan menggunakan metode instan ini tidak sama dengan apa yang kita inginkan. Agar aplikasi yang dibuat benar-benar sesuai dengan apa yang kita inginkan, disarankan menggunakan metode yang manual. Tentunya, untuk bisa membuat aplikasi secara manual, kita harus memiliki skill coding untuk aplikasi android yang mencukupi.

Itulah materi yang dipelajari pada hari ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Khususnya bagi kamu yang senang coding dan ingin menjadi developer sebuah aplikasi. Dengan adanya ilmu ini, patutlah kita untuk mengamalkannya pada kegiatan yang baik. And always keep your good attitude guys and gals!

Vlog

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hai, gens..

Apa kabarnya nih? Semoga lagi baik-baik aja, ya..

Nah, karena sekarang Hari Selasa. Jadi, waktunya untuk IT Corner Hari Selasa diadakan, yey! Pada tau nggak, apa sih fungsi IT Corner itu? IT Corner sendiri berfungsi sebagai wadah bagi para siswa yang mengikuti ekskul IT Club untuk menambah pelajaran tambahan sesuai dengan jadwal yang dimiliki oleh setiap anggota. IT Corner nggak hanya diperuntukkan buat anggota IT Club aja. Semisal kalian mau gabung, boleh banget kok!

Di IT Corner kali ini, kita lagi buat vlog seperti biasa, kita juga “sambat” tentang tugas tugas sekolah. Meskipun banyak tugas kita harus tetap mengerjakannya ya ges jangan “sambat” karena itu kewajiban kita.

Nah, sekiranya itu dulu nih, dari kita. Nantikan materi-materi selanjutnya, ya! Jangan beralih ke web yang lain, cukup Cybertwenty, aja!

Always Good Attitude Gens..

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Particle Logo

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hai, gens..

Apa kabarnya nih? Semoga lagi baik-baik aja, ya..

Nah, karena sekarang Hari Senin. Jadi, waktunya untuk IT Corner Hari Senin diadakan, yey! Pada tau nggak, apa sih fungsi IT Corner itu? IT Corner sendiri berfungsi sebagai wadah bagi para siswa yang mengikuti ekskul IT Club untuk menambah pelajaran tambahan sesuai dengan jadwal yang dimiliki oleh setiap anggota. IT Corner nggak hanya diperuntukkan buat anggota IT Club aja. Semisal kalian mau gabung, boleh banget kok!

Di IT Corner kali ini, kita bakalan belajar seputar After Effects, loh! Materi kali ini ialah ‘partikel logo’. Apa sih, partikel logo, itu? Disintegration Effect atau Dispersion Effect adalah suatu efek yang mengakibatkan beberapa bagian pada objek yang ada di dalam foto atau video menjadi seperti pasir atau serpihan, kita memakai logo Cybertwenty untuk partikel logo

Nah, sekiranya itu dulu nih, dari kita. Nantikan materi-materi selanjutnya, ya! Jangan beralih ke web yang lain, cukup Cybertwenty, aja!

Always Good Attitude Gens..

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Learning Macromedia Flash

IT CORNER Kamis, 20 Februari 2020

 

Hai gaiss.. balik lagi di IT Corner Dday—!

Mengenai materi hari ini tentu seru dong, seperti materi IT Corner hari lalu dan hari berikutnya.

Di hari Kamis ini kita melanjutkan materi mengenai animasi, mau tahu jenis animasi apa yang kita buat hari ini?

Kemarin kamis kita membuat animasi stickman di macromedia flash. Dan sekarang kita membuat masking dari motion twin.

Mau tahu lebih lanjut? Yuk intip keseruan kita—!

Menarik kan?

Yuk join di IT Corner! Ikuti terus keseharian kita selanjutnya yaaa ; )

 

Always Good Attitude!

Perangkat Lunak Bebas LAMPP?

Hai genss……. it corner hari ini cukup seru nih , seperti biasa kita ada sesi bagi materi nih, tapi ada yang spesial hari ini, kita mulai menginstall LAMPP. Bagi yang belum tau LAMPP adalah istilah yang merupakan singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. Merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi .

Nah untuk cara installnya , setelah mendownload LAMPP buka terminal, lalu masukkan coddingan:

$sudo apt-get update

setelah proses update selesai, kita perlu mengupgrade-nya jadi masukkan coddingan :

$ sudo apt-get upgrade

setelah proses upgrade selesai, kita perlu menginstall Apache , Mysql, dan PHP
cara untuk menginstallnya masukkan codingan dibawah ini di terminal :

$ sudi apt-get install apache2

$ sudo apt-get install mysql-server

$ sudo apt-get install php libapache2-mod-php php-mcrypt php-mysql php-cgi php-curl php-json

Selanjutnya kita bakalan belajar LAMPP lebih dalam jadi tunggu postingan selanjutnya ya….!!!