IT CORNER

 Kegiatan Ekskul IT 27 NOV 2020

Dalam Artikel kali ini, saya akan me-review apa saja sih kegiatan ekskul IT yang dilakukan oleh Cybertwenty yang bertepatan Jumat 27 November 2020. Pembelajaran kali ini di ikuti teman teman Gen 8, 9, 10, dan pembina Cybertwenty, Dewi Shanti,S.KOM. Kali ini teman-teman Gen 10 Mempelajari PHP Arithmetic Operator dan Gen 8,Gen 9 melanjutkan Database.

1.PHP Arithmetic Operator  (Gen 10 )Bagi yang belum tahu apa itu PHP Arithmetic Operator ? PHP Arithmetic Operator adalah operator yang digunakan dengan nilai numerik untuk melakukan operasi aritmatika umum, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dll.

Addition artinya penjumlahan dan pengaplikasian kodingan di PHP berupa (+), Subtraction artinya pengurangan (-), Multiplication artinya perkalian (*), Division artinya pembagian (/), Modulus  artinya hasil sisa bagi (%), Exponentiation artinya Eksponen (**). Untuk Contoh kodingan kalian bisa lihat hasil pengerjaan teman kita Dzulkifli dari Gen 10.

(Kodingan dari Dzulkifli Gen 10)

(Hasil dari Dzulkifli Gen 10)

2.  Database (Gen 8 dan 9)

 Pertemuan  kemarin gen 8 dan 9, sudah membuat Database dan form yang cukup beragam, ada yang database perpustakaan, database penjualan online, database hotel, database lomba/classmeet dan banyak lagi. Setiap pertemuan pasti akan dibahas sampai mana pengerjaannya, kali ini teman kita Aldi dari gen 9 membahas permasalahan database pendaftaran lomba/classmeet yang telah dia buat.

(Tampilan login)

(Tampilan Pendaftaran Lomba)

(Tampilan Database)

Permasalahan pada pendaftaran lomba, disaat:

Memasukkan nawa siswa, namun hasil namanya belum diisi:

Kesalahan nya pada line 3, 4, 5 dengan error undefined index (Undefined Index merupakan pesan error yang muncul apabila Anda mencoba mengakses variabel array yang belum diberikan index. ), setelah di cek lagi terdapat kodingan yang kurang pada bagian Siswa.php pada bagian form, input . 

Kodingan tersebut ada yang kurang yaitu name =” x” pada setiap bagian input. (x melambangkan nama variable yang ada pada proses.php ).

setelah di coba ulang muncul problem baru pada line 21 pada proses.php dengan error undefined variable dan warning mysql.

 

  • Undefined Variable artinyavariabel tersebut belum diberikan nilai awal tetapi sudah langsung digunakan untuk proses perhitungan dan ditampilkan pada output.
  • Warning mysqli_query expects parameter 1 to be mysqli artinya Jadi ada deklarasi parameter database yang salah.

 

Untuk pembetulannya sebagai berikut :

  • Pada baris 3,4,5 (pada lingkaran warna orange) perlu dirubah sesuai baris 21 bagian insert into (sesuai garis orange )
  • Pada baris 21 pada bagian INSERTINTO dan value belum sesuai dengan database
  • Penghapusan pada baris 6 sampai 20 dengan tujuan pengoreksian kodingan lebih memudahkan.

Setelah di input ulang hasil berhasil masuk ke dalam database.

 

-Syahrurasi Kautsari Gen 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *