Artikel Adobe Animate

 

PENGERTIAN ANIMASI

  • adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-“putar” sehingga muncul efek gambar bergerak.

 

Adobe memprogram ulang Software Flash dalam beberapa tahun terakhir agar bisa mendukung animasi web menggunakan HTML5 Canvas dan WebGL. Pada tahun 2016, Flash Professional berubah menjadi Adobe Animated CC.

 

SEJARAH DARI ANIMASI

  • 1996 namanya Future Splash Animator
  • 1996 berubah menjadi Macromedia Flash 1
  • 2005 menjadi Macromedia Flash 8
  • 2007 berubah jadi Adobe Flash CS3,Macromedia diakuisisi oleh Adobe
  • 2012 bertahan sampai Adobe Flash Professional CS6
  • 2013 berubah menjadi Adobe Flash Professional CC(13)
  • 2016 berubah lagi menjadi Adobe Animate CC
  • 2018 Adobe Animate CC 2019 sampai sekarang

 

JENIS JENIS ANIMASI

1.Animasi Tradisional

=> Seringkali disebut sebagai animasi di gambar tangan (hand-draw animation) atau cel animation.Di abad 20,banyak animasi yang dimulai dari animasi tradisional ini. Jadi ribuan gambar dilukis dengan menggunakan tangan di kertas-kertas yang setiap kertasnya memiliki pergerakan objek sedikit demi sedikit.

  • Animasi Tradisional ini memerlukan kemampuan artistik dari pelukisnya dan memiliki banyak jenis gambarnya juga. Meski begitu, banyak animasi computer yang juga dimulai dengan tahapan tradisional.

 

  • Animasi 2D

=> Meskipun animasi 2D sebenarnya juga bisa dilakukan dalam cara tradisional, namun animasi 2D sudah termaksud dalam kategori komputer animasi berbasis vektor. Hasil jadi dari animasi 2D ini biasanya disebut juga kartun,yang berarti gambar lucu. Animasi 2D banyak juga digunakan sebagai Graphical User Interfaces (GUIs) yang kalian gunakan dalam keseharia,seperti Mac ataupun Windows.

 

  • Animasi 3D

=> Animasi 3D memerlukan program seperti Maya untuk membuat animasi dengan kedalaman lebih dari 2D. Dalam Animasi 3D biasanya animator memulai gambarnya dengan menggambar pola tulang terlebih dahulu,barulah menggambar yang lainnya untuk ditambahkan ke pola tulang tersebut. Misalkan menambahkan otot,badan,kulit,dan bagian lainnya. Lebih sulit dari animasi 2D, animasi 3D memerlukan pemahaman lebih untuk menggerakan objek.

 

4.Motion Graphic/Capture

=>Merupakan metode untuk menjadikan animasi 3D menjadi hidup,bergerak. Namun lebih daripada itu,motion graphic seringkali digunakan juga untuk menggerakkan kata ( typographic ) dan logo untuk tujuan pengiklanan. Kemampuan yang dibutuhkan di motion graphic berbeda dengan animasi-animasi sebelumnya,namun ada beberapa ilmu yang sama di motion graphic,seperti komposisi pergerakan dan camera graphic

 

5.Stop Motion

=> Teknik ini pertama kali diperkenalkan pada 1906 oleh Stuart Blakton. Awalnya,Stop Motion dilakukan dengan menggunakan tanah liat ( clay ) yang ditutup dengan plastisin. Setelah karakter sudah siap,badan mereka digerakkan lalu difoto dengan detail gerakan yang berbeda disetiap fotonya. Animasi ini membutuhkan frame foto yang banyak dan memakan waktu yang cukup lama.

 

PRINSIP ANIMASI

  • Solid Drawing

( anatomi,komposisi berat,keseimbangan,pencahayaan)

 

  • Timing & Spacing

( waktu kapan,percepatan dan perlambatan,gerakan lebih realistis)

 

  • Squash & Strech

(efek lentur (plastis) dan efek dinamis terhadap gerakan)

 

  • Anticipation

( persiapan/awalan gerak atau ancang-ancang)

 

  • Slow in & Slow Out

( percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda)

 

  • Arcs

( mengikuti pola/jalur (maya))

 

  • Secondary Action

( memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik)

 

  • Staging

( suasana atau mood yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene)

 

  • Straight Ahead Action & Pose to Pose

(frame by frame        vs   menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja)

(kelebihan kualitas gambar yang konsisten kekurangan waktu pengerjaan yang lama vs waktu pengerjaan yang relatif lebih cepat karena melibatkan lebih banyak sumber daya)

 

  • Follow Through and Overlapping Action

( Overlapping action secara mudah bisa dianggap sebagai gerakan saling-silang)

 

  • Appeal

( look atau gaya visual dalam animasi)

 

  • Exaggeration

( upaya untuk mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gambar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *