Adobe Animate? Apa saja?

ANIMASI

  • Pengertian Animasi 

“Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, animasi adalah menghidupkan. Yaitu  usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.

  • Cara Kerja Animasi :

-) Menumpuk beberapa gambar secara bergantian dan berurutan,

-) mengubah nilai koordinat suatu objek sehingga diperoleh sebuah efek gambar yang hidup

  • Pengkategorian Animasi / Jenis Animasi

-) Stop-motion animation

Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan. Teknik stop-motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari pengambilan  gambar berupa obyek yang digerakkan setahap demi setahap.

Contoh animasinya Wallace and Gromit dan Chicken Run, karya Nick Parks.

-) Animasi Tradisional

Adalah teknik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena teknik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan di gambar satu persatu di atas cel. Dengan berkembangnya teknologi komputer, pembuatan animasi tradisional ini dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dewasa ini teknik pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih dikenal dengan istilah animasi 2 Dimensi.

-) Animasi Komputer

Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya dikerjakan oleh komputer.

-) Animasi 2D(2 Dimensi)

Animasi 2D biasa juga deisbut dengan film kartun, kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Animasi berbasis 2 dimensi yakni objek yang dianimasi mempunyai ukuran panjang X dan Y. Contoh film : shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo, dll.

-) Animasi 3D(3 Dimensi)

Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. 3D perkembangan dari animasi 2D. Contoh 3D : Bugs Life, Dinosaurs, Final Fantasy, Frozen, dll.

-) Animasi Jepang(Anime)

Anime, itulah sebutan tersendiri untuk film animasi di jepang. Salah satu film yang terkenal adalah Final Fantasy Advent Children dan jepang sudah banyak memproduksi anime. Berbeda dengan amerika, anime jepang tidak semua diperuntukkan untuk anak-anak, tetapi untuk orang dewasa juga.

  • Pengertian Animasi 2 Dimensi

Kenapa disebut animasi 2 D, karena 2D mempunyai ukuran panjang X dan Y. Realisasi nyata dalam perkembangan dua dimensi yang cukup revolusioner yakni film – film kartun. Dan animasi 2D adalah animasi yang menggunakan sketsa gambar, lalu sketsa gambar ini digerakkan satu persatu, maka tidak akan terlihat seperti nyata. Disebut animasi 2 dimensi karena dibuat melalui sketsa yang digerakkan satu persatu sehingga nampak seperti nyata dan bergerak. Animasi 2D hanya bisa dilihat dari depan saja.

 

Dasar-Dasar Adobe Animate

  • Frame by Frame

Sesuai namanya, teknik ini dibuat dengan menggerakkan sebuah objek dari frame satu ke frame lain hingga membentuk sebuah animasi. Teknik ini bisa dibilang sama dengan teknik tradisional yang membuat animasi dengan layer per layer.

  • Motion Tween

Motion tween adalah menggabungkan objek dari dua titik berbeda dan dua frame berbeda. Keduanya disambungkan dengan mengklik kanan pada frame, kemudian klik classic tween atau motion tween

  • Shape Tween

Hampir sama dengan motion tween, hanya saja selain posisinya yang bisa bergerak, bentuk dari objek juga dapat bergerak atau berubah.

  • Masking

Mask (topeng). Sesuai nama tekniknya, seolah-olah objek menutupi objek lain yang ada dibelakangnya.

  • Guide Layer

Guide layer adalah teknik dengan memberikan sebuah jalur (path) pada sebuah objek, sehingga objek tersebut bergerak melalui jalur yang digambarkan.

 

oleh Reza Aylina Y.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *