Pembuatan Aplikasi Android Dengan Instan

Halo teman-teman, kembali lagi pada postingan di website Cybertwenty yang tentunya akan menceritakan hal-hal yang dipelajari dari aktivitas Cybertwenty yaitu IT Corner. Pada awalnya, materi pada hari Rabu ini adalah mengenai OS lebih tepatnya Ubuntu dan penggunaan perangkat lunak bebas LAMPP yang diinstal minggu lalu. Akan tetapi, laptop untuk prakteknya digunakan untuk ujian kelas 12, sehingga materinya diganti. Materi pada hari ini diganti dengan pembuatan aplikasi untuk android.

Mungkin ada yang bertanya, “Loh, kita kan belum belajar coding untuk aplikasi!” atau “Memang bisa tanpa coding?! Bagaimana bisa?!” Tenang… Aplikasi android bisa dibuat dengan metode manual yaitu dengan mengcoding sendiri atau dengan metode instan yaitu dengan dicoding oleh AI dari software tertentu. Karena materi ini untuk sementara, maka kita akan membuat aplikasi menggunakan metode instan. “Bukannya untuk buat aplikasi harus bayar ya?” Ada beberapa software atau aplikasi yang menyediakan layanan pembuatan aplikasi secara gratis. Tetapi, fitur yang disediakan terbatas.

Aplikasi yang digunakan pada hari ini adalah “App Builder – Create own app (FREE App maker)” yang dibuat oleh Appy Pie LPP. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Bertemu Dengan AI

   

Setelah membuka aplikasi tersebut, halaman ini akan muncul. Halaman ini bertuliskan “Let Snappy the Assistant Create an App for you,” yang artinya “Biarlah Snappy sang asisten membuat aplikasi buat kamu,” Snappy ini adalah sebuah AI yang akan memproses pilihan-pilihanmu menjadi sebuah aplikasi.

Pilihlah Nama Aplikasimu

Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman chat dimana kamu bisa berinteraksi dengan AI-nya. Snappy akan menanyakan nama apa yang kamu inginkan untuk aplikasimu.

Kategori, Fitur, Desain, Gambar Icon, dan Latar

 

Selanjutnya kamu akan ditanyai mengenai kategori, fitur, desain, dan gambar latar dan ikon apa yang kamu ingin gunakan. Untuk kategori, kamu diberi pilihan seperti olahraga, travel, fitness, food, dsb. Untuk fitur, kamu pilih fitur apa yang kamu ingin ada di aplikasimu seperti blog, video, opsi google+, form, dsb. Untuk desain, kamu pilih aplikasimu terlihat seperti apa; desain matriks? Atau desain daftar biasa? Kamu yang tentukan. Selanjutnya kamu memilih gambar yang akan dijadikan gambar latar dan ikon untuk aplikasimu.

Setelah kamu pilih pilihan yang tersedia menurut apa yang kamu suka, App Builder akan memproses semua pilihanmu dan mengubahnya menjadi sebuah aplikasi. Setelah prosesnya selesai, kamu bisa mengetes aplikasimu dengan pergi ke halaman utama (homepage) dan memilih opsi “Test Your App” pada aplikasimu. Kemudian App Builder akan memberikan pilihan untuk mengirimmu link untuk menginstall aplikasi yang telah kamu buat.

Sebenarnya ada kemungkinan besar bahwa aplikasi yang telah dibuat dengan menggunakan metode instan ini tidak sama dengan apa yang kita inginkan. Agar aplikasi yang dibuat benar-benar sesuai dengan apa yang kita inginkan, disarankan menggunakan metode yang manual. Tentunya, untuk bisa membuat aplikasi secara manual, kita harus memiliki skill coding untuk aplikasi android yang mencukupi.

Itulah materi yang dipelajari pada hari ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Khususnya bagi kamu yang senang coding dan ingin menjadi developer sebuah aplikasi. Dengan adanya ilmu ini, patutlah kita untuk mengamalkannya pada kegiatan yang baik. And always keep your good attitude guys and gals!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *