Pivot Animator

Pivot Animator merupakan aplikasi membuat animasi yang bisa dibilang sangat mudah. Ukurannya yang kecil dan grafis antarmuka yang mudah, menarik banyak kalangan animator pemula. Sesuai namanya yaitu Pivot yang berarti poros, kalian akan disuguhkan stickman dengan beberapa titik di tubuhnya yang merupaka poros untuk digerakkan.j

Dari namanya yaitu animator, dimana kalian bisa membuat animasi sendiri dan juga tanpa perlu keahlian menggambar. Di Pivot Animator, kalian akan membuat animasi dengan menggerakkan poros-poros dari stickman yang kemudian digerakkan dalam frame-frame, sehingga membentuk animasi seperti yang kalian inginkan.

Ketika menjalankan program, kalian akan ditampilkan layar utama dari sebuah proyek baru yang dibagi menjadi tiga bagian: bagian kanan, area kerja atau tempat kalian akan menggerakkan animasi. Kemudian bagian kiri, yaitu bagian operasional dimana kalian memasukkan atau mengatur stickman serta frame yang dikerjakan. Yang terakhir, bagian atas, adalah daftar frame yang dikerjakan dengan tampilan thumbnail.

Saat pertamakali membuka, area kerja atau yang dibagian kanan, akan memunculkan satu stickman yang bisa kalian pelajari dasar-dasarnya. Begitu kalian melewati tahap tersebut, kalian bisa menggeluti menjadi animator. Kalian bisa memasukkan stickman baru yang disiapkan di file pivot(seperti koboi, gajah, kuda, alfabet, dan lain-lain). Jika kalian kreatif dan ingin menciptakan stickman baru, kalian juga bisa membuat dengan editor yang menyediakan garis, lingkaran, dan lain sebagainya. Di editor juga bisa membesarkan atau mengecilkan, memanjangkan, memberi warna, atau mengedit stickman yang sudah ada hingga menjadi variasi dari kekreatifitasan kalian masing-masing. Ada juga beberapa website yang menyediakan stickman untuk bisa dimasukkan kedalam Pivot Animator sehingga kalian tidak perlu susah payah membuat stickman baru.

Disini tidak ada tombol undo, kecuali kalian belum membuat frame sama sekali. Dan saat kalian sudah membuat frame, undo hanya bisa memundurkan satu kali saja. Kalian juga akan membutuhkan ketelitian agar satu frame dengan frame selanjutnya menjadi gerakan yang mulus.

Jika kalian mau memasukkan frame baru, kalian bisa antara mengklik kanan dari daftar frame, dan masukkan Insert (dan opsi Delete), atau dengan mudah mengklik tombol Next frame yang terletak di area operasional.

Kalian bisa melihat animasi kalian dengan menggunakan tombol Play dan Stop.

Kelebihan

Program yang mudah dipahami dan juga program ini disertai animasi (file, load animation) yang bisa menjadi contoh atau dasar awal. Grafis antarmuka yang mudah juga menjadi unggulan dari program animator ini.

Kekurangan

Semua tombol operasional tersaji dalam layar yang dimana harus menggunakan mouse sehingga tidak bisa mengendalikan dari keyboard. Dan hal yang menjadi kekurangan lain adalah kurangnya penjelasan dari tombol help.

 

Namun secara keseluruhan, Pivot Animator masih bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin belajar ke dunia animator. Serta tutorial-tutorial yang ada di Youtube bisa juga menjadi pelajaran tambahan jika ingin menggeluti dunia animator dengan serius. Selamat mencoba, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *