Mac OS, Salah Satu OS dari Apple

Halo semuanya, apa kabar? Kalau kalian membaca postingan ini  pastinya kalian semua baik baik saja. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Mac OS.

Yup, Mac OS. Bagi kalian pengguna setia atau pengguna salah satu produk dari sebuah perusahaan ternama milik Apple ini pastinya tidak asing mendengar nama Mac OS dan pastinya sudah tau tentang Operasi System milik Apple ini. Bagi kalian yang tidak tau apa itu Mac OS atau bahkan pengguna salah satu produk Apple ini kurang paham atau kurang mengerti tentang apa itu Mac OS? Mari kita bahas tentang Mac OS mulai dari sejarahnya sampai kelebihan dan kekurangannya.

Salah satu tampilan dari Mac Os

 

Pertama, kita mulai dari sejarah terbentuknya  Mac OS. Sistem operasi MacOS atau Macintosh Operating System pada awalnya dinamakan OS X oleh perusahaan pengembangnya yakni Apple Inc. Mendengar nama Apple ini mungkin sebagian orang tidak menyangka karena memang lebih identik pada produk smartphone dengan iOS sebagai sistem operasinya. Namun ternyata sebagai salah satu perusahaan raksasa penyedia berbagai macam perangkat lunak, Apple Inc juga turut andil dalam meluncurkan MacOS untuk pertama kali pada tahun 1986. Dengan penggunaan desain yang elegan penciptaan MacOS juga melibatkan orang – orang penting yakni Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld.

Jef Raskin sebagai salah satu orang yang terlibat juga turut andil dalam pemberian nama Macintosh ini yang diambil dari jenis apel kesukaannya. Setelah kemunculannya pertama kali pada tahun 1986, MacOS mengalami beberapa kali pengembangan atau update, bahkan sempat berganti nama menjadi MacOS X server pada tahun 2001 yang menjadi penerus dari MacOS 8 dan MacOS 9. Penggunaan “X” ini juga ditafsirkan beberapa pihak menjadi sebuah kewajiban karena penggunaan basis Unix dalam pembuatannya.

Karakter “X” adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf “X” yang terdengar seperti “eks”. Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran “X” (misalnya AIXIRIXLinuxMinixUltrixXenix).

Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.

Rilis terakhir MacOS diumumkan pada World Wide Developer Conference (WWDC) 2016 dengan kode Sierra dengan versi 10.12

Tahapan-tahapan OS X:

  • Mac OS X Server 1.0 (kode: “Rhapsody”, dirilis: Maret 1999.)
  • Mac OS X Public Beta (kode: “Kodiak”, dirilis: September 2000.)
  • Mac OS X 10.0 (kode: “Cheetah”, dirilis: Maret 2001.)
  • Mac OS X 10.1 (kode: “Puma”, dirilis: Oktober 2001.)
  • Mac OS X Server 10.1 (kode: “Puma”, dirilis: November 2001.)
  • Mac OS X 10.2 (kode: “Jaguar”, dirilis: Agustus 2002.)
  • Mac OS X Server 10.2, (dirilis Agustus 2002.)
  • Mac OS X 10 (kode: “Panther”, dirilis Oktober 2003.)
  • Mac OS X Server 10.3, (dirilis Oktober 2003.)
  • Mac OS X 10.4 (kode: “Tiger”, dirilis: April 2005.)
  • Mac OS X Server 10.4 (dirilis: April 2005.)
  • Mac OS X 10.5 (kode: “Leopard”, dirilis: Oktober 2007)
  • Mac OS X 10.6 (kode: “Snow Leopard”; Juni 2009)
  • Mac OS X 10.7 (kode: “Lion”; Juli 2011)
  • OS X 10.8 (kode: “Mountain Lion”; Juli 2012)
  • OS X 10.9 (kode: “Mavericks”; Oktober 2013)
  • OS X 10.10 (kode: “Yosemite”; Oktober 2014)
  • OS X 10.11 (kode: “El Capitan”; September 2015)
  • Mac OS 10.12 (kode: “Sierra”; September 2016)
  • Mac OS 10.13 (kode: “High Sierra”; September 2017)

Itu tadi merupakan sejarah singkat tentang Mac OS. Setiap OS atau Operating System  pastinya tidak ada yang sempurna dan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari Mac OS.

Kelebihan:

  1. Kompatible bagi semua sistem operasi. Artinya anda tidak perlu khawatir jika membuat dokumen dalam format tertentu seperti PDF, HTML, MP3, TEXT, DOC, XLS dan lainnya di MacOS karena bisa juga dijalankan pada sistem operasi lain.
  2. Lebih aman dari gangguan virus, Spyware dll. Oleh sebab itu produk Mac menjadi sebuah pilihan bagi mereka yang sudah kesal dengan namanya virus.
  3. Mac OS juga memiliki fitur yang namanya “Sherlock”. Program ini tidak hanya mencari di internal hardisk saja, tetapi di internet juga sesuai keyword yang diinginkan.
  4. Kemampuan dalam hal backup system juga sangat baik dan dapat dilakukan secara otomatis sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan perubahan – perubahan yang terjadi pada data yang tidak tersimpan.
  5. Penggunaan GUI (Graphical User Interface) pada MacOS menjadikan tampilannya lebih menarik dan elegan sehingga sangat cocok untuk keperluan desain serta multimedia.

 

Kelemahan:

 

  1. Sistem operasi MacOS memang lebih cenderung digunakan hanya pada keperluan desain grafis saja, bahkan sistem ini tidak mensupport keperluan gaming.
  2. Software yang dimiliki oleh Mac OS tidak begitu banyak seperti windows.
  3. Pada suatu komputer MacOS tidak bisa digunakan bersamaan dengan sistem operasi lain, tidak seperti Windows yang juga mampu menjalankan Linux meskipun dalam pengemasan VirtualBox.
  4. Pihak Apple sebagai pengembang juga tidak pernah memberikan lisensi kepada semua perusahaan yang ingin hardwarenya mensupport MacOS, sehingga tidak bisa dirakit sendiri oleh siapapun.
  5. Harga lebih mahal karena exclusif.

 

Itu tadi penjelasan tentang Mc OS. Semoga info terebut dapat membantu kalian yang penasaran tentang Mac OS. Jika kalian ingin men-download OS dari Apple saya sediakan link untuk download-nya, silahkan klik link dibawah ini.

 

https://support.apple.com/downloads/macos

 

Jangan lupa terus kunjungi web kami untuk memperoleh informasi yang bermanfaat.

 

“Keputusan yang baik diperoleh dari pengalaman, dan pengalaman didapat dari keputusan yang buruk”.

 

Penulis: Bima Prasetio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *